16 November 2013

Triple-A

Hallo! Triple-A muncul lagi. Sekedar mengobati rindu kalian pada kami. Setelah bertahun-tahun belum juga menelurkan satupun album. Jangankan album, 1 lagu hasil recording juga belum punya.

Triple-A ini apa sih?

Oke. Triple-A adalah sebuah band yang formasinya Aryo Hardanto (Gitar/Vokal), Adimas Hardianto (Bass), dan Asep Nugroho (Drum). Terdiri dari 3 pendekar yang namanya diawali huruf A, makanya kami menamakan diri Triple-A.

Tapi kalian para penggemar Triple-A harus bersabar. Kami sedang vakum. Aneh ya? Belum produktif kok sudah vakum. Ya itulah hebatnya kami. Band yang kalau manggung mesti sewa groupies bayaran. Biasanya kami bayar dengan nasi kotak. La-la-la ye-ye-ye...

Terakhir kali manggung pada Agustus 2009. Lagu yang kami bawakan waktu itu (1) When Your Heart Stops Beating, (2) Lika-liku Laki-laki, & (3) satu lagi lupa. Cuma 3. Maklum, itu bukan panggung khusus buat show kami. Kami cuma menyogok panitia supaya bisa diselipkan ke dalam acara. Kalau tidak salah itu kegiatan Posyandu. Untungnya masih ada tempat. Tepat sebelum acara dimulai. Saat orang-orang baru datang memarkir kendaraan. Jadi wajar kalau di depan panggung belum banyak penonton. Tapi cukup ramai. Sekitar 5 orang memeriahkan penampilan kami. Lima orang groupies yang kami bayar dengan nasi kotak tadi. La-la-la ye-ye-ye...

Kami adalah band yang amat idealis. Berkarya di jalur indie. Independen. Mandiri. Kami tidak berurusan dengan Major Label (karena tidak ada tawaran). Triple-A sangat visioner. Visi kami waktu itu adalah "Mencarikan menantu untuk Ibu". Ya, frontal sekali.

Perjalanan band ini tidak mudah. Berangkat dari obsesi menjadi boyband. Dan gagal. Kurang beruntung. Kami tidak ada bakat lipsync. Wajah kami juga tidak cantik. Persyaratan dasar tidak terpenuhi. Makanya kami bentuk band beraliran melayu bernama Kareku (berasal dari kata Karekku > Karepku > Sekarepku > Terserah Gue!). Tapi karena kerasnya persaingan di industri musik, Kareku sempat bongkar pasang personel. Sampai pada akhirnya tersisa kami bertiga, dan mendeklarasikan Triple-A; sebagai trio punk yang akan menggeser popularitas Blink-182.

Triple-A resmi terbentuk pada 06-07-08. Nomor cantik. Sengaja, agar kalian para penggemar mudah mengingat. Tapi kami lupa tumpengan. Mungkin nanti kami akan mengadakan gathering, potong kambing.

Bertahun-tahun berkecimpung di dunia musik, kami pikir genre punk sudah tidak menjanjikan. Dan yang terpenting, lagu punk bikin pegal-pegal. Kami sudah cukup berumur. Jadi harus memperhatikan kesehatan tulang. Maka kami mulai bergeser sedikit lebih lembut ke aliran keroncong. Genre ini tak kalah keren.

Satu hal yang saya (Asep) sesali. Yaitu, kenapa saya mesti jadi drummer. Penyesalan itu datang setelah saya lihat-lihat dokumentasi kami selama bertahun-tahun. Bayangkan, dengan panggung yang tinggi dan posisi drummer selalu ada di paling belakang (tidak bisa ditawar), belum lagi tertutup drum kit, nyaris cuma jambul saya yang kelihatan. Sungguh menjadi drummer itu tidak memiliki nilai jual.

Yah, itulah sedikit curahan hati kami. Triple-A harus kembali vakum. Para personel terpisah jarak. Sejak pertama kali dibentuk. Sang vokalis sedang sibuk mencarikan menantu buat Ibunya, di Jogja. Mas bassis sudah mempunyai kehidupan baru, di Cilacap. Semoga menjadi keluarga sakinah, mawadah, wa rohmah. Dan saya, drummer, sedang berkelana di luar Jawa. Memperdalam ilmu ke-perkusi-an dengan menjadi pemain hadroh.

Oh ya, yang ingin minta tanda tangan atau foto bareng jangan sungkan-sungkan ya. Datang saja ke tempat kami. Bisa ke Jogja, atau tanah kelahiran kami Cepu. Atau berikan saja alamat kalian, kami akan datang. Kalau perlu kami bayar. Kami masih punya stock nasi kotak.

Demikian, salam 3 jari!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warung Kopi Kothok