17 September 2010

Forum Komunikasi Mahasiswa Cepu

Setelah melalui perjalanan panjang dan cukup melelahkan, akhirnya Forum Komunikasi Mahasiswa Cepu (FKMC) resmi berdiri. Sidang Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) selesai dan ditetapkan 16 September 2010. Menghabiskan 2 hari berdiskusi untuk melahirkan AD-ART yg ideal bagi founding conceptors nya.

Konsep FKMC digodok kurang lebih selama 1 tahun sejak 2009, kemudian diputuskan pada pertengahan 2010 harus berdiri.

Beberapa perwakilan FKMC sowan kepada Camat Cepu sebelum sidang ART dilanjutkan. Luar biasa, beliau sangat mendukung ide teman-teman mahasiswa ini. Bahkan menawarkan Muspika Cepu sebagai pelindung FKMC dan mendaftarkan menjadi badan hukum. Beberapa hari sebelumnya mereka sempat berdiskusi dengan seorang aktivis senior. Tidak kalah hebat sambutannya untuk FKMC, beliau bersedia menjadi informan aktual tentang Pemkab Blora termasuk RAPBD.

Tapi ternyata perjalanan konsepnya tidak mudah. Beberapa kendala sempat melahirkan pesimisme konseptor-konseptornya. Yg pertama adalah jarak antar konseptor yg jauh. Sehingga diskusi agak sulit dilakukan. Beberapa di Semarang, Yogyakarta, Cepu dan kota lainnya. Akibatnya diskusi optimal hanya dapat berlangsung ketika libur kuliah akhir semester.

Selanjutnya adalah serangan dari seorang yg mengaku eksponen organisasi lain yg telah berdiri sebelumnya. Dia menuding FKMC merupakan gerakan rebel yg ingin memecah integritas dan menjadi tandingan eksistensi organisasi yg diakuinya. Dia salah besar. Justru FKMC bercita-cita mengintegrasikan kaum intelligentsia Cepu atas nama mahasiswa.

Akhirnya konseptor-konseptor FKMC memutuskan untuk berdiskusi dengan eksponen organisasi-organisasi lain. Tidak diragukan, semua merestui pendirian FKMC. Serangan orang tadi biar menjadi angin lalu. Toh konsepnya sangat berbeda. Lebih baik dihampiri kendala-kendala untuk memperkukuh tekad, daripada nanti kelimpungan karena dimanjakan lampu hijau.

Saat berdiri, FKMC sudah terbagi dalam beberapa wilayah koordinasi. Cepu, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Malang dan Solo. Koordinator Wilayah (Korwil) Cepu mengkoordinasi dan mengintegrasikan mahasiswa (anggota) yg kuliah di Cepu. Korwil Semarang mengkoordinasi dan mengintegrasikan mahasiswa berasal dari Cepu/sekitarnya (anggota) yg kuliah di Semarang. Begitu seterusnya. Kemudian Korwil dikoordinasi oleh Koordinator Pusat (Korpus). Nanti jika ada kawan mahasiswa dari kota lain yg belum terdaftar sebagai wilayah koordinasi, bisa dilakukan pemekaran. Dan semua anggota wajib mematuhi AD-ART yg telah ditetapkan.

Ibarat manusia, FKMC adalah orok. Mari bersama-sama kita dewasakan organisasi ini untuk kedewasaan bersama.
FKMC, rapatkan barisan untuk Cepu!

1 komentar:

  1. Nice Post (y)

    Catering murah daerah Malang, Batu, dan sekitarnya. Harga mahasiswa. Dapatkan diskon 10% jika di posting di sosial media kalian. Buruan pesan. Murah, Enak dan Mahasiswa banget. Hubungi 083834375641/75286D3B

    BalasHapus

Warung Kopi Kothok