09 Agustus 2010

Gedung DPR, Simbol Watak Birokrasi

Gedung megah tempat bermuaranya aliran aspirasi dari seluruh penjuru negeri untuk diproses, inilah gedung DPR. Rasanya ingin sekali saya berkenalan dengan arsiteknya. Bentuknya sangat unik dan sedikit menggelitik. Seperti bola yang dibelah dan berwarna hijau. Itulah mengapa orang menyebutnya Gedung Kura-kura. Memang seperti cangkang binatang melata berkulit keras ini.

Berbicara tentang kura-kura, mengingatkan kita pada gerak-geriknya yang serba lamban. Memang begitu takdirnya. Lama sekali menyaksikannya melangkah ke depan. Ingat juga watak birokrasi yang tidak kalah lamban dengan kura-kura. Barangkali terlalu panjang prosesnya sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan langkah. Atau mungkin karena itu memang takdir birokrasi? Entahlah, yang jelas Gedung Kura-kura selalu mengingatkan saya pada watak birokrasi yang sama lambannya dengan sifat ikon gedung tersebut. Selanjutnya gedung tersebut dikonotasikan sebagai tempatnya kelambanan.

Mungkin dengan mengganti bentuk gedung DPR menjadi jaguar, follow up terhadap aspirasi atau semua pekerjaan wakil rakyat dapat dituntaskan lebih cepat. Mungkin?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warung Kopi Kothok