01 November 2012

Buma Management Development Program (BMDP) 23

BUMA adalah nickname PT Bukit Makmur Mandiri Utama. Mungkin plesetan dari Pama (salah satu kontraktor tambang terbesar di Indonesia). Seperti ada Pakdhe, ada Budhe.

Buma juga salah satu kontraktor terbesar di Indonesia. Di tahun 2010 kemarin saja sempat menjadi kontraktor tambang batu bara dengan revenue tertinggi. Sekarang, apa kabar? Saya tidak mengikuti.

BMDP (Buma Management Development Program) merupakan program dari Buma yang menyasar ke fresh-graduate. Mereka dididik menjadi foreman dan supervisor. Lulusan D3, D4, dan S1 fresh from the oven. Lamanya setahun (maksimal). Mereka diharuskan melakukan improvement untuk kemudian dipresentasikan.

Presentasi pertama di Jobsite (Borneo), pengujinya adalah all Section Head dan Project Manager (atau Deputy Project Manager). Dilanjutkan konsultasi dengan Department Head, atau functional, juga General Manager. Lalu dipresentasikan kepada all Division di Head Office (Jakarta). Biasanya yang datang para General Manager atau paling tidak Functional Manager. Hadir juga tim dari CI (Continuous Improvement) Department.

Jadi, saya katakan, tidak mudah perjuangan kita. Rangkaian proses recruitment mulai dari psikotes, diskusi kelompok, interview dengan HRD, dilanjutkan bertemu dengan General Manager, medical check up, dididik fisik dan mental (biasanya di Depok atau Bogor), kemudian dikirim ke Jobsite. Di sana bergumul (maksimal) satu tahun. Seringkali menjadi PIC (person in charge) satu atau lebih bidang. Diwajibkan melakukan improvement, dan proses laporan/presentasi yang demikian panjang tadi.

Seharusnya bangga. Barangkali memang harus. Bukan perkara gampang menyelesaikan semua itu. Itu tantangan. Itu ujian. Berhasil melewati ujian, mestinya bangga.

By the way, selamat buat kita semua yang telah dipromosikan. Selamat pagi!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warung Kopi Kothok