05 Mei 2012

Sepiring Goreng Singkong di Sebuah Sore

Lagi asik makan singkong goreng panenan dari samping pos security, seorang teman kerja nyeletuk, "Orang dulu kok lebih suka makan singkong ya?" 

"Bukannya lebih suka sih mbak, karena emang adanya itu." 

"Lho, orang-orang itu kan nanam padi."

"Padi kan dijual. Beras waktu itu mahal. Kroco macam mereka mana kuat beli. Hasil panenpun dijual buat nutup kebutuhan yg lain. Ya alternatifnya singkong tadi. Singkongnya pun singkong gaplek (singkong kering). Kalau di masak jadi gathot, ada juga yg ngolah jadi thiwul. Jangan dikira slogan swa sembada beras berarti semua kebagian nasi. Palsu lah itu. Orang-orang yg nggak tau emang nyangka kita makmur, waktu itu. Bahkan sampai sekarang masih ada yg belum mentas dari neraka itu." 

"Gitu ya, ngerti banget." 

"Lho saya ini hidup di kehidupan mereka. Saya ini mereka. Jangan bakti sosial sebulan dua bulan udah merasa paling ngerti penderitaan mereka. Aku ini kawin sama mereka. Bukan sekedar ikut acara Jika Aku Menjadi yang cuma sehari dua hari aja. Belaga nangis-nangis, udah sok ngerti, padahal casting dulu. Kalau mau tau penderitaan mereka ya harus jadi mereka, bukan cuma jadi bagian dari mereka. Pengabdian masyarakat, paling lama tiga bulan udah merasa ngerasain penderitaan mereka. Tai kucing lah." 

Kemudian teman saya ngakak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warung Kopi Kothok